Magical of Mountain Climbing

Mendaki gunung. Sebagian orang ada yang beranggapan mendaki gunung adalah aktifitas buat orang yang tidak ada kerjaan, yang membuang energi, waktu dan uang. Tapi, bagi aku mendaki gunung adalah sebuah aktifitas dan kegiatan yang sangat-sangat menarik. Ada beberapa hal yang membuat aku menyukai mendaki  gunung :

– Ingin merasakan awan. Yap! Ini adalah alasan pertama kali aku ingin mendaki gunung. Dulu, aku sangat penasaran banget gimana sih rasanya megang awan dan dilewatin awan. Dan akhirnya rasa penasaran itu terbayarkan juga ketika untuk pertama kalinya aku mendaki gunung. Gunung yang menjadi pendakian perdanaku adalah gunung Talang yang terletak di kota Solok, Sumatera Barat. Hhmm.. rasanya sulit dijelaskan ketika aku dilewati awan, wajah kita serasa dibelai lembut, dingin tapi kering, bisa dirasakan tetapi nggak bisa dipegang. Takjub banget sama ciptaan Tuhan yang satu ini.

 DSC00817merasakan awan

DSC00890

nunggu awan lewat..

– Bunga Edelwis. Bunga yang melambangkan keabadian ini sering aku lihat ketika dia sudah mengering dan mekar. Aku penasaran pengen liat bunga Edelwis yang masih segar, menguncup, dan masih di batangnya. Ternyata, bunga ini lebih indah ketika dia masih segar dan di tempatnya. Makanya, aku nggak suka metik bunga ini ketika ke gunung, walaupun sempat metiknya juga sedikit, maklum pendakian perdana. Tapi, besok-besok kalau mendaki lagi aku janji nggak bakal metiknya lagi.           88c4302bc9009de912bd0e41a4b76f24

 

edelweis

– Menikmati ciptaan Tuhan dengan cara yang berbeda. Mendaki gunung adalah salah satu cara untuk menikmati ciptaan Tuhan lebih dekat. Karena aku dapat melihat, merasakan, dan mendengarkan secara langsung keajaiban Tuhan dan itu bakal menguatkan rasa bersyukur aku kepada-Nya. Mengapa demikian? Karena dengan mendaki gunung aku mempunyai pengalaman dan merasa spesial karena termasuk orang-orang yang pernah mendaki gunung. Karena dengan mendaki gunung aku bisa merasakan kebersamaan dengan teman-teman yang aku cintai, ketika aku kelelahan teman yang satu lagi menyemangati, ketika dalam perjalanan ada teman-teman yang selalu menghibur dan bercanda buat menghilangkan rasa penat, ketika kesusahan ada teman yang meringankan beban, ada gelak tawa yang menemani perjalanan dan ketika tua nanti, ini bisa menjadi moment yang indah untuk diceritakan ke anak cucu.

20862_1316695162782_1392814459_30690217_2462565_n

aku dan Indah, sedang ngaso bentar

DSC00942

sebelum turun, berfoto bareng di kawah gunung Talang

36993_1319423030977_1392814459_30695845_8300470_n - Copy

beruntung bisa melihat pelangi

36951_1313413927323_1589928354_30710129_7104610_n

masak-makan

-Be my self and freedom! Berpetualang dan kegiatan memacu adrenalin lainnya membuat kita dapat mengukur sejauh mana keberanian kita dan mengungkapkan siapa kita sebenarnya. Begitu juga dengan mendaki gunung, aku bisa merasakan kebebasan, bisa jadi diri sendiri, beban-beban yang membelit terlepas, pikiran-pikiran yang bikin mumet hilang. Nggak perlu mikirin peraturan-peraturan rumah, tugas-tugas kuliah dan lain sebagainya.

28484_1316698082855_1392814459_30690221_4403279_n

I’m freedom!

– Pemandangan dari atas. Amazing! Satu kata yang mewakili semuanya. Ketika berada di puncak, aku hanya manusia kecil dan tidak berdaya yang beruntung dapat melihat permadani lukisan Tuhan yang nyata dan luar biasa terhampar di sekelilingnya. Ketika aku mendaki gunung Talang dan berdiri di puncaknya, aku disajikan  keindahan-keindahan-Nya. Ketika malam hari, aku melihat lampu-lampu kota dari atas yang membentuk sebuah bintang-bintang seakan-akan langit itu di bawah, aku mendengar suara-suara binatang hutan, dinginnya angin. Ketika pagi hari, aku menikmati sunrise dan bisa menyerap hangatnya, aku berada di negeri di atas awan, melihat puncak-puncak gunung merapi, singgalang, sago, tandikek, bahkan puncak kerinci pun terlihat dari sini, bisa melihat tiga danau sekaligus, danau atas, danau bawah, dan danau talang. Dan yang paling beruntung ada pelangi yang melengkung seolah-olah ia tersenyum kepada kami.  Benar-benar  Amazing!

DSC00891

negeri di atas awan

CIMG2472

amazing!

2 thoughts on “Magical of Mountain Climbing

Leave a Reply

