Celebration of Environmental Days with Pecinta Alam

Hari ini, tanggal 5 Juni seluruh dunia merayakan hari lingkungan hidup se-dunia. Tadi aku bersama dengan keluarga besar pecinta alam se-Pekanbaru merayakan hari Lingkungan Hidup. Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB di depan kantor Gubernur Riau di dekat bundaran Pesawat berlangsung seru. Sebelumnya, kami berkumpul di depan Pustaka Wilayah (Puswil) Soeman HS untuk mempersiapkan aksi teaterikal dengan body painting dan membagikan bibit pohon. Setelah beres, kami semua berkumpul untuk menuju lokasi dengan berjalan kaki. Di depan bundaran aksi teaterikal ditampilkan dan beberapa teman melakukan orasi, lalu para cewek-cewek ditugaskan membagikan bibit pohon kepada masyarakat di depan persimpangan lampu merah.

Setelah membagikan semua bibit, kami kembali lagi ke tempat awal di depan Puswil untuk beristirahat sejenak dan makan siang. Kami makan siang di pinggir jalan bersama Cut Nyak Dien bersama-sama duduk berjejer. Tidak peduli dengan orang-orang yang melihat kami yang makan beramai-ramai di pinggir jalan. Hhmm.. pengalaman pertama makan di pinggir jalan kayak gembel, tapi seru! Setelah makan siang, kami melanjutkan kegiatan diskusi di Stikes Hang Tuah.

Kegiatannya sih sederhana, dan mungkin ini belum berati apa-apa buat menjaga bumi kita. Tetapi makna dari kegiatan ini sangat luar biasa. Kenapa tidak? Di saat orang-orang yang kurang kesadarannya untukmemperdulikan bumi dan lingkungan hidup di sekitarnya, masih ada sekelompok manusia untuk mengingatkan kembali bahwa menjaga bumi dan lingkungan sekitarnya adalah penting. Disaat orang-orang serakah yang hanya peduli untuk menebalkan kantongnya sendiri dengan membabat hutan, kami masih ada untuk memperingatinya. Disaat orang-orang berlomba-lomba untuk membangun gedung-gedung tinggi dan bangunan-bangunan mewah tanpa melestarikan alam, kami masih ada untuk mengingatkannya.

Kami sadar, kami hanya sekelompok orang-orang kecil, tapi kami mempunyai harapan dan mimpi yang sebesar gunung untuk melestarikan alam, menjaga bumi dan lingkungan hidup. Dan kami akan berjuang untuk mewujudkan mimpi itu. Tujuannya tidak muluk-muluk, hanya untuk kita dan anak cucu kita nantinya. Inilah tugas kami, kelompok pecinta alam!

Aku bangga berada di keluarga ini, berada di kelompok ini, dan aku bangga menjadi bagian darinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s